Jumat, 06 November 2009

Terusik, Jaya Hardik Bobotoh


Merasa kewenangan dan integritasnya sebagai seorang pelatih terusik, pelatih Persib Bandung, Jaya Hartono sempat menghardik seorang bobotoh yang duduk di bench lantaran turut berteriak-teriak, memintanya mengganti pemain yang tampil buruk pada saat menghadapi Persib U-21 di Stadion Siliwangi Bandung, Kamis (5/11).

Insiden itu juga dipicu kegaduhan di dalam bench, baik oleh teriakan bobotoh yang merangsek hingga ke pinggir lapangan maupun pembicaraan di luar konteks sepak bola dengan suara yang cukup keras.

"Kamu bilang apa? Ganti? Yang tahu tim ini saya!" hardik Jaya sambil mendatangi bobotoh yang entah bagaimana bisa duduk di dalam bench Persib. Dengan wajah merah padam, Jaya bersama ofisial tim Persib lainnya, mengusir bobotoh itu dari bangku cadangan. Manajer Persib, H. Umuh Muchtar sempat mengejar Jaya untuk meredam emosinya.

Berdasarkan pengamatan "GM", Jaya terlihat mulai tidak nyaman dengan teriak-teriakan bobotoh yang meminta pergantian pemain pada saat sebagian besar pemain yang ada di lapangan tampil di bawah form. Suasana itu semakin tidak kondusif karena di dalam bench sendiri terjadi kegaduhan yang cukup mengganggu konsentrasi Jaya dalam menganalisis pertandingan.

"Bukan hanya pemain yang butuh konsentrasi, tapi juga pelatih. Kalau suasananya ribut-ribut seperti itu, bagaimana kita bisa menganalisis dan mengevaluasi permainan," ujar Jaya.

Dikatakan, ia bukannya tidak mau melakukan pergantian pemain. Tapi, katanya, hal itu tidak bisa dilakukan karena dalam pertandingan itu, ia tidak memiliki pemain cadangan, kecuali dua penjaga gawang dan Gilang Angga Kusumah. "Airlangga, Aji (Nurpijal), Chandra (Yusuf Ahmad) cedera. Atep tidak bisa main karena istrinya melahirkan, apakah mereka (bobotoh, red) tahu itu," katanya.

Menang 4-0

Dalam pertandinga uji coba ini, Jaya menurunkan formasi Sintaveechai "Kosin" Hathairattanakool (kiper), Wildansyah, Cristian Rene, Edi Hafid Murtado (belakang), Irwan Wijasmara, Cucu Hidayat, Munadi, Suchao Nuchnum (tengah), Hilton Moreira, Cristian Gonzales, dan Budi Sudarsono (depan). Sedangkan di bangku cadangan cuma tersisa dua kiper Cecep Supriyatna, Dedi Haryanto (kiper) dan Gilang Angga.

Meski hampir semua pemain tampil buruk di babak pertama, Persib akhirnya bisa menang 4-0 dalam pertandingan ini. Empat gol Persib yang bersarang di gawang Persib U-21 yang dijaga Rizky Bagja dicetak Cristian Gonzales menit 50 dan 55, Suchao Nuchnum menit 83, dan Budi Sudarsono menit 89.

Meski bisa mengimbangi permainan seniornya, Persib U-21 tidak banyak melakukan tekanan. Namun beberapa peluang mencetak gol sempat didapatkan para pemain Persib U-21, termasuk kesempatan terbaik yang didapatkan Devi Aditya pada menit 73. Namun peluang Persib U-21 itu bisa dimentahkan Kosin.

Selanjutnya, Persib akan melakukan pertandingan uji coba dengan Persikabo Kab. Bogor di Cibinong, Selasa (10/11) mendatang.

0 komentar:

Caution : Wajib diklik

Followers

Caution : Wajib diklik