Rabu, 11 November 2009

Kontrol Emosi, Hilton!


Sebuah gambaran masih buruknya kontrol emosi sejumlah pemain Persib Bandung, terlihat pada pertandingan uji coba melawan Persikabo Kab. Bogor di Stadion Persikabo Cibinong, Selasa (10/11). Setelah Gilang Angga Kusumah terlibat perang mulut dengan kapten Persikabo, David Ngan Pagbe yang nyaris berbuntut kericuhan, pada menit 86, Hilton Moreira harus diusir keluar lapangan gara-gara menyikut Jejen Zaenal Abidin hingga terkapar di lapangan.

Dari pengamatan "GM", terlihat ada unsur kesengajaan di balik aksi penyikutan yang dilakukan Hilton. Striker Persib asal Brasil itu tidak menyangkalnya. "Pemain Persikabo terus memukul-mukul saya. Jadi saya juga menyikut mereka," kata Hilton mencoba melakukan pembelaan.

Meski demikian, Manajer Persib Bandung, H. Umuh Muchtar tetap menyayangkan aksi penyikutan yang dilakukan Hilton. Sebagai pemain profesional, menurut Umuh, Hilton mestinya bisa mengontrol emosi sehingga aksi penyikutan itu tidak terjadi.

"Hilton seharusnya tidak melakukan itu. Kalau dia bisa mengontrol emosinya, saya yakin hal itu tidak akan terjadi," kata Umuh.

Ia merasa perlu untuk mengingatkan Hilton agar tidak mengulang aksi seperti itu. Pasalnya jika dalam kompetisi, hal itu akan sangat merugikan Persib. "Nanti saya pasti akan berbicara dengan Hilton soal insiden penyikutan itu. Saya pasti akan memperingatkan dia untuk tidak mengulang hal-hal merugikan seperti itu. Sebab kalau di kompetisi akan sangat berbahaya buat tim," ujar Umuh.

Selain untuk Hilton, Umuh juga mengharapkan agar para pemain lainnya pun bisa mengontrol emosi dalam setiap pertandingan. "Hilton tidak boleh emosi. Begitu juga dengan para pemain lainnya," tegasnya.

Seperti halnya Umuh, pelatih Persib, Jaya Hartono juga menilai, para pemain masih kurang mampu mengontrol emosi. "Para pemain terpancing emosinya lantaran persoalan kelelahan. Karena lelah, emosi sulit terkontrol," ujarnya.

0 komentar:

Caution : Wajib diklik

Followers

Caution : Wajib diklik