Sabtu, 10 Oktober 2009

Jaya Khawatirkan Cuaca

Selain menghadapi para pemain lawan dan tekanan penonton tuan rumah, para pemain Persib Bandung pun bakal menghadapi kendala cuaca, saat menghadapi Persiba Balikpapan pada laga pertamanya di Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 di Stadion Persiba, Minggu (11/10).

Menurut Pelatih Persib, Jaya Hartono yang pernah menangani Persiba pada Liga Indonesia (LI) XI/2005, yang akan menjadi kendala buat Eka Ramdani dan kawan-kawan itu adalah cuaca panas yang bisa mencapai 35 derajat Celsius.

"Di sini (Balikpapan, red), panasnya luar biasa. Suhu panas itu bukan hanya dari sinar matahari yang membakar kepala, tapi juga datang dari bawah dan tengah. Dari bawah, panas datang dari bumi yang kandungan batu baranya sangat tinggi. Sedangkan dari tengah, datangnya dari laut berupa angin yang tidak enak," papar Jaya di lobi Hotel Sagita, Jln. Mayjen Soetoyo Balikpapan, Jumat (9/10).

Wartawan "GM" Endan Suhendra merasakan langsung cuaca panas tersebut. Meski mendarat di Bandara Sepinggan sekitar pukul 17.35 WIB, namun berdasarkan informasi yang didapatkan dari pesawat yang ditumpangi "GM", suhu Balikapan menjelang magrib masih berada di angka 29 derajat Celsius.

Dikatakan Jaya, menghadapi cuaca panas Kota Balikpapan itu, ia mengaku tidak bisa melakukan antisipasi apa pun. Yang bisa dilakukannya hanyalah memberikan instruksi kepada anak asuhnya untuk mengatur tempo permainan. "Cuaca itu tidak bisa diantisipasi. Kita hanya bisa mengakalinya saja. Pada saat pertandingan nanti, anak-anak harus pintar-pintar mengatur tempo permainan," kata pelatih yang pada LI XI/2005 mengantarkan Persiba menempati peringkat kelima Wilayah Timur itu.

Dengan bisa mengatur tempo permainan, Jaya berharap, stamina para pemain tidak cepat terkuras. "Kalau pintar mengatur tempo permainan, saya yakin, stamina para pemain bisa tetap terjaga hingga akhir pertandingan. Makanya mereka harus tahu kapan bermain cepat, kapan harus memperlambat tempo permainan," ujarnya.

Untuk sedikit melakukan aklimatisasi cuaca panas, Persib akan menjalani sesi uji lapangan di Stadion Persiba mulai pukul 09.00 WIB, Sabtu (10/10). Kendati demikian, Jaya membantah kalau jadwal latihan yang agak siang itu merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi cuaca panas. "Kita memang kebagian jatah latihan agak siang. Jadi bukan untuk antisipasi cuaca panas," katanya, sambil tersenyum.

0 komentar:

Caution : Wajib diklik

Followers

Caution : Wajib diklik