Penampilan perdana Suchao Nuchnum dalam game internal yang dimainkan di Stadion Persib, Jln. A. Yani Bandung, Rabu (4/11), langsung mendapat pujian dari pelatih Persib Bandung, Jaya Hartono. Kendati demikian, pujian Jaya masih dengan sedikit catatan. Dalam game internal kemarin, Suchao ditempatkan di sektor sayap sebelah kiri.

"Sejauh ini, saya lihat penampilan Suchao cukup mengesankan. Dia memiliki kecepatan dan naluri menyerang yang sangat baik. Hanya saja, saya juga mencatat, naluri bertahan Suchao tidak begitu bagus. Ini (kemampuan bertahannya, red) yang akan menjadi catatan dalam evaluasi saya," kata Jaya, usai memimpin sesi latihan sore itu.

Dikatakan Jaya, kurang bagusnya naluri bertahan Suchao dikarenakan adanya perbedaan skema permainan yang diterapkannya di Persib dengan yang dimainkan klub lamanya dan tim nasional Thailand. Dikatakan Jaya, Suchao tidak terlalu harus memikirkan pertahanan pada skema 4-4-2 yang biasa dimainkannya bersama timnas Thailand.

"Karena masih ada satu pemain di belakangnya dalam formasi 4-4-2, konsentrasi Suchao pasti lebih ke penyerangan. Tapi di Persib yang pakai pola 3-4-3, lini pertahanan hanya ditempati tiga orang. Karena tidak ada lagi orang di belakangnya, Suchao harus mampu membantu pertahanan juga," papar Jaya.

Kendati demikian, Jaya mengaku tidak terlalu khawatir dengan kondisi tersebut. Sebab, katanya, ia akan segera berbicara dengan Suchao dan pemain yang berposisi gelandang bertahan untuk mendiskusikan persoalan ini.

"Saya kira ini hanya menyangkut kebiasaan. Suchao biasa bermain 4-4-2, sedangkan di sini 3-4-3. Antisipasinya, selain harus bicara dengan Suchao, saya juga akan menginstruksikan gelandang yang kita miliki, terutama gelandang bertahan agar bisa meng-cover posisi Suchao," paparnya.

0 komentar:

Caution : Wajib diklik

Followers

Caution : Wajib diklik